Menjelajahi Dunia Digital

Teknologi Wireless 5G

5G berarti lebih banyak perangkat dengan kecepatan sangat cepat dan penundaan sangat rendah

0 417

5G adalah generasi berikutnya dari teknologi jaringan seluler berikut 4G. Sama seperti setiap generasi sebelumnya, 5G bertujuan untuk membuat komunikasi seluler lebih cepat dan lebih dapat diandalkan karena semakin banyak perangkat yang online.

Tidak seperti di masa lalu, ketika jaringan seluler hanya perlu mendukung telepon seluler yang hanya untuk menjelajah web dan pesan teks, kami sekarang memiliki semua jenis perangkat yang membutuhkan bandwidth seperti smartphone streaming HD kami, jam tangan pintar dengan paket data, selalu aktif kamera keamanan, self-driving dan mobil yang terhubung ke internet, dan perangkat menjanjikan lainnya seperti sensor kesehatan dan perangkat AR dan VR yang tidak ditambatkan.

Seiring miliaran perangkat yang terhubung ke web, seluruh infrastruktur perlu mengakomodasi lalu lintas untuk tidak hanya mendukung koneksi yang lebih cepat tetapi juga menangani yang simultan dengan lebih baik dan memberikan cakupan yang lebih luas untuk perangkat-perangkat ini. Ini adalah segalanya tentang 5G.

Manfaat 5G Bagi Anda

  • Minimal jeda saat streaming video dan bermain game
  • Kota yang lebih aman dengan kendaraan yang cerdas dan saling terhubung
  • Akses hampir instan ke sebagian besar file daring
  • Perangkat yang lebih kecil yang melepaskan persyaratan perangkat keras ke server jarak jauh
  • Ledakan produk dan aplikasi baru yang membutuhkan kecepatan sangat cepat
  • Internet andal di daerah terpencil

Bagaimana 5G Berbeda dari “Gs” Yang Lain?

5G hanyalah generasi nomor berikutnya setelah 4G, yang menggantikan semua teknologi lama.

  • 1G memperkenalkan suara analog
  • 2G memperkenalkan suara digital
  • 3G mengantarkan data seluler
  • 4G membuka jalan bagi penggunaan internet seluler yang luas

Kapan 5G Akan Keluar?

Kerangka waktu untuk ketersediaan layanan 5G tidak hanya bergantung pada tempat Anda tinggal tetapi juga penyedia layanan mana yang tersedia di wilayah Anda.

Saat ini, 5G hanya tersedia di beberapa lokasi di US, jadi tidak sembarang orang dapat mendaftar untuk layanan. Verizon, AT&T, Sprint, T-Mobile, dan beberapa perusahaan kecil sudah menyediakan 5G untuk pelanggan di Amerika Serikat, tetapi terutama di kota-kota besar saja. Ada juga beberapa operator lain yang memiliki jaringan 5G hidup di tempat lain di seluruh dunia.

Untuk sekarang ini Indonesia belum berencana mengubah seluruh network menjadi 5G, melainkan akan mencoba improve jaringan 4G terlebih dahulu, atau jaringan 4,5G.

Telepon 5G juga merupakan komponen penting dari jaringan seluler generasi kelima baru ini karena tidak sembarang telepon dapat bekerja dengan jaringan 5G. Ponsel dan perangkat lain yang berjalan di jaringan 5G tersedia dari beberapa penyedia dengan lebih banyak yang akan keluar akhir tahun ini.

Untuk Apa 5G?

Ini mungkin tampak jelas mengingat betapa adanya smartphone di mana-mana, tetapi meskipun ponsel jelas merupakan pemain utama dalam komunikasi seluler, mereka jelas bukan satu-satunya fokus dalam jaringan 5G.

Seperti yang akan Anda lihat di bawah, komponen utama dengan 5G adalah koneksi ultra cepat dan penundaan minimal. Meskipun ini, tentu saja, bagus untuk siapa saja yang streaming video dari telepon mereka, itu lebih penting dalam skenario di mana meminimalkan penundaan sangat penting, seperti dengan masa depan perangkat yang saling berhubungan.

Salah satu aplikasi adalah perangkat augmented reality dan headset realitas virtual. Perangkat ini membutuhkan jumlah bandwidth yang luar biasa dan perlu berkomunikasi melalui internet secepat mungkin untuk memberikan efek yang diinginkan. Latensi apa pun dapat secara drastis memengaruhi perasaan “nyata” di lingkungan virtual tersebut.

Hal yang sama berlaku untuk perangkat lain yang perlu merespons dengan cepat, seperti mobil otonom untuk menghindari tabrakan mendadak dan memahami arah belokan demi belokan yang tepat, perangkat keras yang dioperasikan dari jarak jauh, dan sistem robot yang mempelajari atau mematuhi pengendali jarak jauh.

Yang mengatakan, 5G masih membuka jalan untuk konektivitas yang lebih lancar dari perangkat kita sehari-hari, juga, seperti saat bermain game, membuat panggilan video, streaming film, mengunduh file, berbagi media HD dan 4K, menerima pembaruan lalu lintas waktu nyata, vlogging, dll.

Bagaimana 5G Bekerja?

Seperti metode komunikasi nirkabel lainnya, 5G mengirim dan menerima data dalam spektrum radio. Namun, tidak seperti apa yang kita gunakan dengan 4G, 5G menggunakan frekuensi yang lebih tinggi (gelombang milimeter) pada spektrum radio untuk mencapai kecepatan ultra cepat.

Kelemahan dari menggunakan frekuensi tinggi untuk mengirimkan data adalah bahwa frekuensi ini mengalami lebih banyak gangguan dari hal-hal seperti pohon dan bangunan, yang berarti menara sel kecil yang diposisikan secara strategis diperlukan untuk mendorong jaringan di seluruh kota.

Namun, tidak semua operator jaringan seluler bekerja dengan cara yang sama. Beberapa perusahaan menggunakan 5G pada ujung bawah spektrum radio sehingga menara sel dapat mencapai area yang lebih luas dan menembus dinding, tetapi pertukarannya adalah kecepatan yang lebih lambat.

Spesifikasi 5G: Laju Data dan Latensi

Dengan 5G, segala sesuatu yang berkaitan dengan komunikasi seluler lebih cepat, mulai dari kecepatan di mana Anda dapat mengunduh dan mengunggah data ke sejumlah perangkat yang dapat terhubung ke internet secara bersamaan.

Sel 5G, yang mengirim dan menerima data seluler, mendukung kecepatan setidaknya 20 GB/s untuk unduhan (download) dan 10 GB/s untuk unggahan (upload), dengan latensi serendah 4 ms atau lebih.

Namun, dalam sebagian besar situasi, ini mungkin diterjemahkan ke kecepatan dunia nyata 100 Mb / s (12,5 MB / s) dan 50 Mb / s (6,25 MB / s), masing-masing, tetapi dapat dengan mudah berfluktuasi naik atau turun tergantung pada berbagai keadaan. Sebagai perbandingan, kecepatan unduhan seluler rata-rata di Amerika Serikat adalah sekitar 30 Mbps – tiga kali lebih lambat dari yang tersedia dengan 5G.

Sebagai contoh, dalam situasi ideal dengan kecepatan 5G secepat 1 Gb / s, Anda dapat mengunduh film 3 GB ke ponsel Anda dalam 24 detik, atau mengunggah video 1 GB ke YouTube hanya dalam delapan detik.

5G Akan Mendukung Banyak Perangkat

Minimal, 5G harus mendukung 1 juta perangkat untuk setiap kilometer persegi (0,386 mil persegi). Ini berarti bahwa dalam jumlah ruang itu, jaringan 5G mampu menghubungkan perangkat 1 juta kekalahan atau lebih ke internet pada saat yang sama.

Skenario jenis ini mungkin tampak sulit untuk dipahami mengingat kota-kota dengan kepadatan penduduk tertinggi (seperti Manila Filipina dan Mumbai India) “hanya” dapat menampung antara 70.000 hingga 110.000 orang untuk setiap mil persegi.

Namun, 5G tidak perlu mendukung hanya satu atau dua perangkat per orang, tetapi juga jam tangan pintar semua orang, semua kendaraan di area yang mungkin terhubung ke internet, kunci pintar di rumah-rumah terdekat, barang yang dapat dikenakan, dan setiap arus lainnya atau untuk -perangkat yang dirilis yang perlu di jaringan.

Diperkirakan bahwa, secara global, akan ada 1,3 miliar koneksi di jaringan 5G pada akhir tahun 2023.

Sel 5G dapat berkomunikasi dengan semua jenis perangkat, seperti yang digunakan oleh orang yang diam yang tidak bergerak ke seseorang di kendaraan berkecepatan tinggi seperti kereta, yang bepergian hingga 500 km (310 mph).

Mungkin saja area yang berbeda akan membutuhkan stasiun pangkalan seluler yang berbeda untuk mengakomodasi berbagai kecepatan. Misalnya, kota kecil yang hanya memiliki pengguna yang bepergian dengan mobil dan berjalan kaki mungkin tidak memiliki stasiun pangkalan yang sama dengan kota besar dengan sistem transportasi umum berkecepatan tinggi.

Informasi Lebih Lanjut tentang 5G

5G dan standar broadband seluler lainnya ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). 3GPP Release 16 adalah “fase 2” dari proyek 5G, dan akan selesai pada Maret 2020.

Untuk bacaan spesifikasi 5G yang jauh lebih teknis, lihat dokumen Microsoft Word ini dari International Telecommunication Union (ITU).

Setelah 5G tersedia secara luas, ada kemungkinan bahwa itu akan menjadi kemajuan besar terakhir dalam jaringan seluler. Alih-alih 6G atau 7G nanti, kita mungkin hanya tetap dengan 5G tetapi mendapatkan peningkatan bertahap dari waktu ke waktu.

Sangat mudah untuk membingungkan 5G dengan Wi-Fi 5 GHz, tetapi keduanya tidak sama. Yang pertama adalah teknologi jaringan seluler sedangkan yang terakhir adalah pita frekuensi yang digunakan di beberapa router Wi-Fi.

5G dan 5GHz berbeda, baca disini untuk mengetahui kenapa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.