Menjelajahi Dunia Digital

SSD vs HDD – Manakah yang terbaik untuk Gaming?!

0 20.178

Solid-state drive telah menjadi kemarahan dalam beberapa tahun terakhir, semua berkat kecepatan baca / tulis yang belum pernah terjadi sebelumnya yang benar-benar meniup hard disk drive tradisional keluar dari air.

Bukan tanpa alasan yang baik bahwa gamer di seluruh dunia menyatakan SSD sebagai pilihan yang lebih baik untuk gaming karena kinerja semata yang mereka tawarkan.

Tetapi apakah mereka benar-benar jauh lebih baik?

Dalam artikel ini, kita akan membandingkan SSD dan HDD di semua lini, membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan masing-masing, serta memutuskan mana yang pada akhirnya merupakan solusi game terbaik.

Mari kita lihat

Kecepatan

Seperti yang telah kami nyatakan, SSD lebih unggul daripada HDD ketika menyangkut kecepatan, dan tidak ada keraguan tentang itu. Kecepatan transfer data SSD dapat melampaui HDD beberapa kali lipat, meskipun saat digunakan, SSD kira-kira 2 hingga 3 kali lebih cepat daripada HDD.

ssd vs hdd

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat berapa banyak waktu muat SSD yang lebih cepat. Dengan demikian, kecepatan ini akan mencerminkan waktu pemuatan dalam game, serta kinerja sistem secara keseluruhan.

Umur panjang

Ketika datang ke rentang kehidupan secara keseluruhan, HDD cenderung bertahan lebih lama dari yang dilakukan SSD. Sementara kurangnya umur panjang pasti ada, itu hampir tidak terlihat. Bahkan dengan penggunaan yang intens, SSD bisa bertahan hingga 5 tahun. Namun, HDD dapat dengan mudah bertahan selama lebih dari 10 tahun, meskipun kinerja mereka pasti menurun seiring waktu.

Daya tahan

Tidak dapat disangkal bahwa SSD lebih tahan lama karena tidak ada bagian yang bergerak. HDD, di sisi lain, cenderung rusak dan kerusakan fisik hanya karena mekanisme yang berfungsi bergantung pada mereka.

Kapasitas

Ketika datang ke kapasitas maksimum, baik SSD dan HDD yang setinggi 8 TB, atau bahkan lebih tinggi, dapat ditemukan di pasar saat ini. Namun, hal yang lebih penting untuk dipertimbangkan adalah rasio harga-kapasitas.

Yakni, HDD kira-kira 4 kali lebih murah daripada SSD ketika datang ke penyimpanan. Misalnya, hard drive 50 $ akan memiliki 1 TB ruang penyimpanan, sementara SSD dengan harga serupa hanya akan memiliki sekitar 250GB. Situasinya serupa di ujung spektrum lainnya: HDD 8TB akan dikenakan biaya sekitar $ 300, sementara SSD 4+ TB akan menelan biaya ribuan.

Noise (Bunyi)

Seperti yang telah kami nyatakan, drive solid-state tidak memiliki bagian yang bergerak. Dengan demikian, ia berjalan sepenuhnya tanpa suara. Sebaliknya, HDD terikat untuk menghasilkan sejumlah noise, tetapi tidak setiap HDD sekeras yang lain.

Pada akhirnya, kenyaringan (suara) dari HDD turun ke faktor-faktor berikut:

  • RPM – Hari ini, HDD yang lebih rendah mulai dari 5400 rotasi per menit sementara varian yang lebih berorientasi pada kinerja dapat melebihi 10000. Secara alami, semakin cepat HDD berputar, semakin berisik.
  • Usia / kerusakan – Melihat sebagai bagian yang bergerak sangat penting untuk fungsi mereka, HDD dapat menjadi lebih keras dari waktu ke waktu karena mekanismenya berkurang atau karena kerusakan fisik.

Putusan Akhir

solid state drive vs hard disk drive

Semua hal dipertimbangkan, tidak ada keraguan tentang siapa pemenangnya dalam SSD vs HDD showdown.

SSD jauh lebih baik untuk gaming daripada HDD. Yang terakhir ini tidak dapat bersaing dengan kinerja yang ditawarkan oleh solid-state drive, jadi bagi siapa saja yang menghargai kinerja di atas segalanya, ini adalah no-brainer.

Namun, SSD bukan tanpa kesalahan. Memang, mereka tidak sebaik solusi penyimpanan jangka panjang, baik karena jangka waktu hidup mereka yang lebih pendek dan karena harga SSD berkapasitas tinggi berbatasan dengan hal yang menggelikan.

Saran kita? Dapatkan keduanya.

Banyak gamer mengambil pendekatan ini. Cukup gunakan SSD 500 GB sebagai drive sistem Anda di mana Anda menyimpan semua permainan Anda saat menggunakan HDD 1 TB atau lebih besar yang jauh lebih terjangkau untuk menyimpan data Anda. Ini, pada akhirnya, solusi yang paling hemat biaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.