Menjelajahi Dunia Digital

Cara Menggunakan VPN Dan Mengaktifkannya (Terlengkap 2019)

1 10.956

Berikut adalah penjelasan saya mengenai cara menggunakan VPN, dimulai dari… Internet.

Siapa yang tidak suka internet? Internet memberikan informasi, jawaban, hiburan dan koneksi kepada Anda, sesuai permintaan, dalam hitungan detik.

Dari mana saja dan kapan saja dari komputer desktop, laptop, ponsel cerdas, dan tablet kami. Ini adalah penyelamat hidup bagi kita dari segala usia, ibu, bisnis, organisasi … semua orang.

Tetapi internet tidak sempurna. Ini memiliki beberapa kelemahan bawaan yang membuat Anda bahaya saat online.

Tetapi Anda dapat membuat Internet lebih aman, dan tentunya lebih pribadi dengan bantuan VPN … virtual private network.


Apa itu VPN?

VPN itu adalah jaringan khusus yang terhubung dengan Anda ketika Anda online. Ketika kamu mengaktifkan VPN, apa pun yang Anda lakukan online tidak dapat dilacak secara digital / elektronik ke lokasi Anda … walaupun menggunakan komputer atau smartphone Anda.

Baca juga : Cara Menjaga agar Informasi anda aman

Kenapa saya harus menggunakannya?

Berikut beberapa manfaat jika anda menggunakan VPN.

  • Lebih banyak privasi. Koneksi Anda tidak dapat disambungkan ke komputer Anda. Anda dapat mengunjungi situs web apa pun dan ISP Anda tidak tahu di mana Anda berada.
  • Lebih banyak keamanan. Koneksi VPN sangat aman. Jaringan adalah bukti retas dan semua aktivitas Internet Anda dienkripsi (dikodekan) dan tidak dapat dibaca dalam perjalanan.
  • Lebih banyak akses situs web. Tidak ada lagi blok atau sensor. Mereka tidak dapat mencegah dari ke situs web berdasarkan alamat IP.
  • Lebih banyak anonimitas. Alamat IP Anda yang sebenarnya disembunyikan! Anda tidak dapat diidentifikasi secara online karena Anda terus-menerus menggunakan alamat IP yang berbeda, bukan alamat Anda sendiri.

VPN Terbaik Yang Mana? Gratis atau Berbayar?

Berikutnya dalam cara menggunakan VPN, kita haru menentukan, mau yang gratis atau berbayar? Untuk info lanjut silahkan baca artikel:

Mengapa VPN Yang Salah Lebih Berbahaya Daripada Tidak Ada VPN

Sangat sedikit VPN (berkualitas) yang menawarkan opsi gratis. Sebagai gantinya, banyak perusahaan akan menawarkan uji coba terbatas (free trial) atau jaminan uang kembali.

Beberapa layanan VPN gratis membatasi jumlah bandwidth yang dapat Anda gunakan dalam periode tertentu.

Beberapa menjaga agar jumlah perangkat yang dapat Anda hubungkan bersamaan kecil, umumnya satu atau dua.

Kecepatan bandwith adalah pertimbangan penting dalam memilih layanan VPN, terutama yang gratis.

Meskipun tidak satu pun dari vpn gratis ini secara langsung membatasi kecepatan Anda, mereka akan membatasi server yang dapat Anda hubungi.

Dan ini berdampak terhadap pada performa/kecepatan anda.

Anda tidak memiliki opsi untuk melompat ke server dengan lebih sedikit orang, yang akan memberikan lebih banyak bandwidth (tidak seperti VPN Berbayar).

Anda juga tidak dapat menemukan server di sekitarnya, yang juga dapat memengaruhi kinerja.

Membayar untuk berlangganan VPN seperti NordVPN biasanya membuka semua fitur ini, dan sering menambahkan pemanis tambahan yang tidak tersedia di level gratis.

Anda juga mendapatkan semua server di semua lokasi, dan biasanya koneksi lebih simultan.

Hingga saat ini, belum ada layanan VPN berbayar yang membatasi bandwidth pengguna — inilah merupakan manfaat terbesar untuk VPN Berbayar.

Baca Juga, VPN Gratis Terbaik Disini.


Cara menggunakan VPN di berbagai platform

Jadi, apakah anda tertarik untuk memakainya sekarang? Barangkali untuk mengakses situs yang diblokir?

Tapi bingung bagaimana cara menggunakan VPN di perangkat anda?

Tenang, berikut ini, kami telah menyiapkan panduan lengkap tentang cara menggunakan VPN di semua perangkat, baik di Android, iPhone, atau di laptop atau PC.


1. Cara Menggunakan VPN di Android

Berikut step-step termudah untuk mengatur dan mengetahui cara menggunakan VPN di Smartphone atau tablet Android adalah mengunduh Aplikasi VPN Gratis atau Berbayar seperti yang tersedia di Google Play Store.

Untuk memberi Anda pengetahuan tentang cara mengatur dan menggunakan VPN di Android anda, kami menyediakan tiga metode di bawah ini untuk mengatur VPN di Ponsel Android atau Tablet.

Metode Pertama: Setup VPN di Android Menggunakan Aplikasi Turbo VPN

Salah satu Aplikasi VPN gratis terbaik yang dapat Anda temukan di Google Play Store adalah Turbo VPN, yang menawarkan layanan VPN Gratis tanpa batas.

Meskipun, Aplikasi Turbo VPN hanya mencakup sejumlah negara terbatas, aplikasi ini mencakup negara paling populer yang diminati oleh sebagian besar pengguna.

Buka Google Play Store di Ponsel atau Tablet Android Anda dan unduh Turbo VPN App

Setelah Aplikasi selesai dibuka, buka aplikasi dan ketuk ikon Dunia dari sudut kanan atas layar Anda.

Pada layar berikutnya, ketuk Negara tempat Anda ingin menggunakan Turbo VPN.

Lebih dekat lokasi servernya, lebih cepat kecepatannya.

Pilih Server di Turbo VPN

Tunggu Aplikasi untuk terhubung ke jaringan VPN Negara yang dipilih. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan, coba sambungkan kembali ke jaringan VPN.

Setelah terhubung ke jaringan VPN, anda akan dapat mengakses situs-situs yang diblokir.

Metode Kedua: Setup VPN di Android Menggunakan Aplikasi Tunnelbear VPN

TunnelBear VPN adalah Aplikasi VPN lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengunduh dari Google Play Store.

TunnelBear VPN menyediakan pilihan Negara yang jauh lebih besar dan memungkinkan Anda untuk mencoba Aplikasi berdasarkan uji coba gratis, sebelum membuat keputusan untuk membeli Aplikasi.

Buka Google Play Store di Ponsel Android atau Tablet Anda dan unduh TunnelBear VPN App di perangkat Anda.

Tunnelbear VPN di Android

Setelah Aplikasi diunduh, buka Aplikasi dan buat Akun VPN Gratis Anda dengan mengetikkan Alamat Email Anda, kata sandi untuk masuk ke VPN Anda dan mengetuk tombol Create a free account.

Bikin akun tunnelbear

Langkah selanjutnya adalah memverifikasi Alamat Email Anda dengan masuk ke Akun Email Anda dan mengakui Email yang diterima dari TunnelBear.

Setelah memverifikasi Alamat Email Anda, buka aplikasi dan ketuk tombol Continue.

Konfirmasikan Akun TunnelBear di Ponsel AndroidPada layar berikutnya, gerakkan tombol Toggle ke posisi ON, untuk memberikan izin kepada TunnelBear untuk mengatur koneksi VPN di perangkat Anda.

Aktifkan Lokasi di Aplikasi TunnelBearDari pop-up, ketuk pada OkIzinkan Aplikasi TunnelBear untuk Membuat Pop-up Koneksi VPN

Secara default, TunnelBear App menghubungkan pengguna ke jaringan VPN-nya di Amerika Serikat. Anda dapat mengubah lokasi dengan mengetuk Panah Atas yang terletak di sebelah Amerika Serikat dan pilih Negara yang Anda inginkan dari daftar.

Panah Atas di Aplikasi TunnelBearJejak gratis TunnelBear VPN menyediakan 500 MB, setelah itu Anda dapat memperpanjang uji coba gratis untuk 1 GB lebih dengan men-tweet tentang TunnelBear, mengundang teman ke TunnelBear atau dengan menginstal TunnelBear di komputer Anda.

Paket berbayar untuk TunnelBear VPN tidak mahal, mulai dari $5 per bulan.

Metode Ketiga: Setup VPN di Android dengan Setting Manual

Jika Anda tidak ingin menginstal Aplikasi VPN, Anda dapat mengatur VPN di Ponsel Android menggunakan pengaturan ponsel Anda.

Buka Settings di Ponsel atau Tablet Android Anda dan ketuk More (mungkin juga muncul sebagai Lebih Banyak Pengaturan koneksi) yang terletak di bagian Jaringan (atau Koneksi).

Pada layar Pengaturan Koneksi Lainnya, ketuk VPN

Tab VPN di Pengaturan di Ponsel AndroidPada layar berikutnya, ketuk tombol + (mungkin juga muncul sebagai Tambah VPN) untuk menambah VPN

Add VPN di AndroidPada Pop-Up, ketikkan Nama untuk VPN Anda, pilih Jenis VPN dan ketikkan Alamat IP VPN Anda di bidang Alamat server dan ketuk Simpan.

Masukkan Detail Jaringan VPN di Ponsel Android

Setelah ini, Anda akan dapat menjelajahi internet menggunakan koneksi VPN. Anda akan diminta untuk memberikan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda, agar dapat terhubung ke jaringan VPN Anda.


2. Cara Menggunakan VPN di iPhone

Prosedur untuk mengaktifkan VPN di iPhone akan tergantung pada apakah atau tidak layanan VPN pilihan Anda tersedia dalam bentuk Aplikasi VPN khusus untuk perangkat iOS.

Jika Layanan VPN pilihan Anda tersedia dalam bentuk Aplikasi, proses pengaturan VPN mungkin sesederhana membuka Aplikasi VPN di iPhone Anda dan masuk ke koneksi VPN menggunakan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda.

Bahkan jika layanan VPN favorit Anda tidak tersedia sebagai Aplikasi iOS, kita dapat mengatur VPN secara manual di iPhone Anda. Anda akan menemukan di bawah ini langkah-langkah cara mengaktifkan VPN, cara menggunakan VPN di iPhone atau iPad Anda, secara manual dan juga dengan menggunakan Aplikasi VPN.

Metode Pertama: Setup VPN di iPhone dengan Tunnelbear VPN

1. Buka App Store di iPhone Anda dan cari Aplikasi VPN yang Anda inginkan. Dalam hal ini kami sedang mencari VPN Gratis TunnelBear.

2. Unduh dan Instal Aplikasi di iPhone Anda.

Install Tunnelbear di iPhone3. Setelah Aplikasi diinstal, buka Aplikasi VPN di iPhone Anda dengan mengetuk tombol OPEN

4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat Akun VPN TunnelBear Anda. Masukkan Alamat Email Anda, masukkan Kata Sandi untuk Akun VPN Anda dan ketuk Create a Free Account.

Bikin Akun Tunnelbear5. Pada pop-up berikutnya, ketuk pada opsi I Agree untuk menerima Ketentuan Layanan TunnelBear VPN.

6. Pada munculan berikutnya, ketuk Allow untuk membiarkan Aplikasi TunnelBear Menambahkan konfigurasi VPN ke iPhone Anda.

7. Selanjutnya, masuk ke Akun Email Anda dan cari email dari TunnelBear. Buka Email dan verifikasi Akun Email Anda dengan mengklik link Verify Account.

8. Setelah Anda memverifikasi Alamat Email Anda. Ketuk pada opsi Continue untuk menyelesaikan proses Pengaturan VPN di iPhone Anda (Lihat gambar di bawah)

Konfirmasi Email Anda Untuk Tunnelbear VPNInilah panduan pengaturan VPN di iPhone Anda dan Anda semua siap untuk menjelajahi internet di iPhone Anda menggunakan Jaringan VPN yang aman.

Secara default, TunnelBear VPN di iPhone Anda diatur untuk terhubung secara otomatis setiap kali Anda membuka Safari atau browser web lainnya di iPhone Anda.

Namun, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan VPN di iPhone Anda dari layar pengaturan (Lihat gambar di bawah)

Anda dapat mengonfirmasi apakah Anda menjelajah internet menggunakan koneksi VPN dengan mencari tanda VPN di sudut kiri atas layar Anda (Lihat gambar di bawah)

Metode Kedua: Setup VPN di iPhone secara manual

Ikuti langkah-langkah di bawah ini, seandainya layanan VPN pilihan Anda tidak tersedia sebagai aplikasi atau Anda ingin mengatur secara manual koneksi VPN di iPhone Anda.

1. Ketuk pada Settings> General.

2. Pada layar berikutnya, gulir ke bawah dan ketuk VPN.

3. Pada layar VPN, ketuk pada opsi Add VPN Configuration ….

4. Pada layar Add Configuration, ketuk pada Type (Lihat gambar di bawah)

5. Pada layar berikutnya, ketuk pada Type of VPN yang ingin Anda setup pada iPhone Anda.

Catatan: Lihat bagian di bawah ini tentang Jenis Jaringan VPN mana yang harus dipilih.

6. Setelah memilih Jenis VPN, ketuk pada tautan Tambah Konfigurasi untuk kembali ke layar Konfigurasi VPN (Lihat gambar di bawah)

7. Pada layar Add Configuration, ketikkan semua detail yang diperlukan untuk VPN Anda. Ketikkan Deskripsi untuk VPN Anda (katakanlah MY VPN), ketik Server VPN, Akun VPN Anda, dan perincian lainnya seperti yang diperlukan dan ketuk Selesai (Lihat gambar di bawah)

Catatan: Anda harus dapat memperoleh sebagian besar detail ini dengan masuk ke Akun VPN Anda atau Anda bisa mendapatkannya dari penyedia layanan VPN Anda.

Aktifkan VPN di iPhone

Setelah VPN diatur pada iPhone Anda, Anda harus mengaktifkan Jaringan VPN di iPhone Anda.

1. Dari Layar Beranda iPhone Anda, klik Settings.

2. Pada layar Pengaturan, nyalakan VPN di iPhone Anda dengan menggerakkan sakelar di sebelah VPN ke posisi ON (Lihat gambar di bawah).

Jenis VPN yang Dipilih

Saat mengatur VPN secara manual di iPhone Anda, Anda akan diminta untuk memilih jenis Jaringan VPN yang ingin Anda Setup pada iPhone Anda. Secara umum, Anda akan dapat memilih dari IKEv2, IPSec, atau L2TP.

IKEv2: Internet Key Exchange versi 2 memiliki kemampuan enkripsi yang kuat dan juga dikenal karena kemampuannya untuk terhubung kembali dengan sangat cepat, seandainya koneksi VPN di iPhone Anda diperselisihkan.

L2TP / IPsec: Jenis-jenis VPN ini disediakan sebagai alternatif untuk OpenVPN pada perangkat iOS. iOS memiliki batasan API yang mencegah penggunaan OpenVPN pada perangkat iOS.

OpenVPN mengamankan data pada level Transport dengan memanfaatkan protokol keamanan SSL / TLS, sementara IKEv2 / IPSec mengamankan data pada level IP. Kedua Jenis VPN ini dapat dianggap lebih atau kurang aman.


3. VPN di Windows 10

Untuk menggunakan VPN di komputer Anda, pertama-tama Anda harus mencari penyedia layanan VPN yang baik dan mendaftar untuk layanannya.

Setelah mendaftar dengan penyedia layanan VPN yang baik, Anda perlu mengumpulkan informasi berikut.

  1. Alamat Web atau alamat IP Server VPN
  2. Nama Pengguna dan Kata Sandi VPN Anda
  3. Persyaratan spesifik lainnya (jika ada)

Alamat web (www.myvpn.com) atau Alamat IP (contoh: 192.000.981) dari server VPN akan diminta untuk terhubung ke layanan VPN dari komputer Anda.

Sementara, Nama Pengguna dan Kata Sandi VPN akan diminta untuk mengautentikasi koneksi Anda ke layanan VPN.

Cara Menggunakan VPN di Windows PC

Setelah Anda memiliki informasi yang diperlukan untuk mengatur Jaringan VPN, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur VPN di Windows 10.

1. Buka Settings di komputer Anda dan klik tab Network & Internet.

Pergi ke settings windows 102. Pada layar berikutnya, klik VPN di panel kiri. Di panel kanan, klik pada opsi Add a VPN connection yang terletak di bawah bagian “VPN”.

Tambahkan Koneksi VPN3. Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memberikan rincian tentang Koneksi VPN Anda. Demi kesederhanaan, kami telah membagi layar menjadi dua bagian.

Di bagian pertama, Anda akan diminta untuk memberikan informasi tentang Penyedia VPN Anda, nama Koneksi VPN, alamat Server VPN dan Jenis Koneksi VPN.

VPN Provider: Pilih Windows (bawaan)

Connection Name: Ketikkan Nama apa pun yang muncul di pikiran Anda

Server Address: Di sini Anda harus memberikan alamat web ke Server VPN Anda (www.yourVPN.com)

VPN Type: Pilih Protokol Tunneling Titik ke Titik atau opsi lain yang direkomendasikan oleh penyedia VPN Anda

Setelah memberikan perincian di atas, gulir ke bawah dan berikan perincian yang lebih banyak tentang Koneksi VPN Anda.

Type of Sign-In Info: Pilih Username dan Password sebagai metode yang akan Anda gunakan untuk masuk ke VPN Anda. Anda juga dapat memilih dari opsi lain, seandainya direkomendasikan oleh Penyedia Layanan VPN Anda.

Username: Ini Opsional.

Password: Opsional.

Jika Anda telah memberikan Nama Pengguna dan Kata Sandi, Anda dapat memeriksa opsi untuk Ingat info Masuk saya.

Ini akan membuat Windows 10 mengingat Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda, yang memungkinkan Anda masuk ke VPN Network, tanpa memasukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda.

5. Setelah memberikan semua detail, klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan ini.

Cara menghubung VPN di Windows 10

Setelah Jaringan VPN diatur pada komputer Anda, Anda dapat terhubung ke Jaringan VPN menggunakan Pengaturan atau langsung dari Taskbar.

1. Klik pada Ikon Jaringan yang terletak di sudut paling kanan dari Taskbar dan kemudian klik pada Nama Jaringan VPN Anda di menu yang muncul (Lihat gambar di bawah).

2. On the next screen, you may be requested to enter your VPN User Name and Password in order to login to your secure VPN Network.

Cara lain untuk terhubung ke VPN adalah dengan mengakses Menu Pengaturan di Windows 10.

1. Buka Pengaturan di komputer Anda dan klik tab Network & Internet.

Pergi ke settings windows 102. Pada layar berikutnya, klik VPN di panel kiri. Di panel kanan, klik Nama VPN Anda lalu klik opsi Sambungkan.

Koneksi ke VPN di Windows 10As you can see from the image above, connecting to VPN from the Settings Menu also provides you with access to Advanced Options.


Kesimpulan

Itulah cara menggunakan VPN, dan cara mengaktifkan VPN sekaligus.

Terlalu banyak dari Anda tidak menggunakan VPN, dan mungkin itu karena mereka tampak seperti alat keamanan misterius.

Tetapi banyak perusahaan telah bekerja keras untuk membuatnya ramah dan mudah digunakan.

Sebagian besar sekarang tinggal pasang dan lupakan (set and forget), sebagaimana mestinya. Dan meskipun membuka dompet Anda untuk melindungi dari ancaman potensial selalu menyebalkan, membeli VPN adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjaga lalu lintas web Anda dari… yah, hampir semua orang.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
  1. […] the so-called best consumer choice. If we look at online reviews from famous VPN reviewing sites, Cara Menggunakan VPN ranks among the highest, and most commonly the highest overall. Having a competitive price at just […]