Menjelajahi Dunia Digital

7 Cara untuk Menjaga Informasi Anda Aman di Internet

0 335

Hampir tidak dapat dihindari untuk membeli produk secara online atau memberikan informasi pribadi kami ke situs web tepercaya. Sayangnya, informasi itu tidak selalu aman dan kriminal dapat dengan mudah mengakses pengetahuan sensitif tentang Anda. Untuk membantu, kami telah membuat panduan untuk orang biasa yang tidak punya waktu untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang jaringan nirkabel, namun masih perlu melindungi datanya melalui saluran nirkabel.

1 Bersikap Aman di Media Sosial

Media sosial mungkin tampak seperti tempat yang aman untuk berbagi beberapa detail yang lebih intim dalam hidup Anda, tetapi Anda harus waspada dengan apa yang Anda posting di jaringan ini. Bahkan informasi yang tampaknya tidak berbahaya, seperti ulang tahun atau alamat Anda, dapat digunakan oleh para penjahat untuk aplikasi yang lebih berbahaya.

Untuk menghindari ini, personalisasi pengaturan keamanan di akun jejaring sosial Anda. Jika Anda berbagi pos dengan informasi identitas pribadi (PII), pastikan untuk hanya memilih orang tepercaya yang dapat melihatnya. Selain itu, berhati-hatilah dengan siapa pun yang tidak Anda kenal dalam kehidupan nyata yang mengajukan banding kepada Anda untuk PII semacam itu.

2 Lindungi Kartu Kredit Anda

Saat melakukan pembelian online, selalu pastikan bahwa situs web tempat Anda memasukkan informasi kartu kredit Anda aman. URL harus dimulai dengan “HTTPS”, bukan hanya “HTTP”. Jangan melakukan pembelian di jaringan yang tidak aman, seperti di kedai kopi, dan jangan lupa untuk keluar dari akun pelanggan Anda saat menggunakan perangkat publik.

Untuk ekstra hati-hati, muat kartu kredit prabayar dengan dana terbatas untuk pembelian online. Ini mengurangi risiko jika seseorang mencuri informasi Anda.

3 Gunakan Cloud untuk Back-Up

Mencadangkan file penting Anda sangat penting jika perangkat Anda pernah dicuri. Selama bertahun-tahun, komputasi awan menjadi lebih aman, karena perusahaan teknologi besar seperti Amazon dan Microsoft mengendalikan pasar. Bahkan rumah sakit dan layanan kesehatan sudah mulai menggunakan cloud untuk penyimpanan data, akses file yang mudah dan untuk mengamankan dokumen rahasia.

Contoh umum adalah Gmail dan Google Drive, tempat Anda dapat mengunggah file dan mengaksesnya dari mana saja di dunia. Satu-satunya persyaratan adalah koneksi internet yang berfungsi; yang tidak sulit ditemukan hari ini. Selain itu kami dapat mengamankan file dengan izin berbasis pengguna atau berbasis grup. Ini adalah masa depan untuk membuat cadangan file digital di awan.

4 Reset Pabrik dan Drive Menyeka

Lebih sering daripada tidak, cukup “menghapus” sesuatu dari komputer atau perangkat seluler Anda tidak akan secara permanen menghapus informasi dari mesin. Sebelum Anda menjual atau membuang mesin lama Anda, pastikan bahwa drive telah dihapus sepenuhnya dan bahwa mesin diberi pengaturan ulang pabrik.

Tanpa langkah ekstra ini, siapa pun yang mendapatkan perangkat Anda selanjutnya akan memiliki akses ke informasi yang paling aman sekalipun di komputer Anda, termasuk file yang sebelumnya Anda pikir telah dihapus.

5 Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi Saat Tidak Digunakan

Kapan pun Anda tidak menggunakan Bluetooth atau kemampuan WiFi dari komputer atau perangkat seluler Anda, pastikan untuk mematikannya. Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan ini, perangkat lain di sekitarnya mungkin dapat mengaksesnya; termasuk akses untuk membuka jaringan file sharing. Karena alasan ini, pengaturan berbagi jaringan Anda harus selalu diatur untuk hanya berbagi file dengan perangkat tepercaya lain yang Anda miliki.

6 Perlindungan Kata Sandi

Banyak situs akhir-akhir ini mengharuskan Anda untuk memiliki kata sandi yang rumit sebelum mendaftar, dan sementara ini mungkin tampak ketidaknyamanan pada awalnya, itu benar-benar demi kepentingan terbaik Anda. Kata sandi seharusnya tidak dapat ditebak oleh keluarga dan teman, yang berarti Anda tidak boleh menggunakan ulang tahun, tanggal ulang tahun, nama anggota keluarga, atau informasi pengidentifikasi lainnya yang jelas.

Idealnya, semua orang akan menggunakan generator kata sandi acak, dan menyimpan kata sandi acak tersebut pada file yang aman dan terenkripsi di komputer mereka. Karena itu mungkin agak ekstrim untuk sebagian besar pengguna internet, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk semua akun penting (bank, email, dll.). Selain itu, jangan gunakan informasi yang akurat untuk pertanyaan pemulihan kata sandi seperti nama gadis ibu Anda, karena detail ini mudah didapatkan untuk penjahat cyber yang tepat.

7 Autentikasi 2 Langkah

Perusahaan besar dan tepercaya seperti Google, Facebook, Paypal dan lainnya semua menawarkan otentikasi 2 langkah, yang memaksa pengguna memasukkan kode yang dikirim ke perangkat seluler mereka untuk masuk. Perusahaan lain akan meminta nomor ponsel Anda atau email alternatif alamat, jadi jika seseorang mencoba masuk ke akun Anda dari perangkat yang tidak dikenal, pesan dikirim kepada Anda yang memerlukan verifikasi tambahan.

Kedua metode ini menawarkan keamanan ekstra untuk informasi sensitif Anda, entah itu finansial atau pribadi. Jika media sosial atau situs e-niaga Anda meminta informasi pengenal tambahan seperti ini sehingga mereka dapat memverifikasi akun Anda terhadap upaya masuk yang aneh, selalu ikut serta. Anda akan mendapatkan peringatan dari aktivitas yang mencurigakan, dan kemampuan untuk mengubah informasi Anda jika pernah dikompromikan.

Kami harap Anda telah menyelesaikan artikel ini dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang keamanan online dan nirkabel. Tidak pernah terlambat, atau terlalu dini, untuk mulai melindungi diri Anda saat online. Ingat bahwa bahkan detail kecil dapat digunakan untuk mencuri identitas Anda atau lebih buruk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.