Menjelajahi Dunia Digital

Berbisnis dengan Instagram

0 983

Jika Anda baru di dunia bisnis atau pemasaran digital, Anda mungkin ingin membaca artikel ini. Saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara memasang Akun Bisnis Instagram untuk Pemula. Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum masuk ke bisnis ini adalah Anda harus menginstal Instagram dan membuat akun sehingga Anda bisa mulai melakukan bisnis Anda dengan Instagram.

Berbisnis dengan Instagram itu mudah

Sebagai salah satu platform video dan foto terbesar di dunia, Instagram telah membuktikan dirinya sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan di PlayStore. Siapa yang tidak memiliki akun Instagram? Orang suka berbagi menggunakan Instagram karena mereka bisa memposting banyak foto dengan cara yang mudah. Lebih dari itu orang bisa berbisnis melalui Instagram dengan memasang produk atau layanannya. Instagram memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif tiap bulannya. Lebih dari 25 juta pebisnis yang menggunakan Instagram.

Jika Anda ingin memulai bisnis, saya cukup yakin bahwa Anda memerlukan Instagram untuk mendukung usaha dan iklan Anda. Artikel ini akan memberikan tips-tips cara berbisnis dengan Instagram.


1. Anda Perlu Membuat “Winning” Profil Untuk Akun Bisnis Instagram

Instagram telah meluncurkan profil Instagram Business dan iklan berbayar untuk orang-orang yang ingin fokus dalam menjual produk dan layanan mereka. Instagram akan menanyakan Akun Bisnis Instagram Anda dan akan meminta Anda menambahkan nomor telepon ke bio Anda dan memberi akses ke data analisis ekstensif yang tidak akan tersedia di media sosial lain.

Untuk dapat membuat Akun Bisnis Instagram, Anda perlu mengarah ke pengaturan. Temukan “beralih ke akun bisnis” dan Anda tidak perlu menunggu lama agar akun Anda diaktifkan. Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan perubahan dalam profil untuk bisnis di mana orang-orang akan mengunjungi timeline Anda dan tertarik dengan produk atau layanan Anda.


2. Akun Bisnis Instagram Penting Untuk Mendukung Pencitraan Merek Anda

Ingat di awal perjalanan ini ketika Kami bilang Anda perlu halaman Facebook bisnis, Twitter dan blog untuk bisa menggunakan Instagram bisnis? Sepertinya kita sudah sampai pada alasan kenapa. Instagram akan meminta Anda untuk menghubungkan halaman Facebook bisnis Anda atau membuatnya untuk meningkatkan promosi produk Anda. Instagram akan dihubungkan ke beberapa akun media sosial Anda sehingga Anda dapat menyebarkan produk Anda ke mana-mana.

Selain itu, Anda perlu menuliskan teks di bawah foto dan video Anda menggunakan kalimat singkat dan juga menggunakan hashtag. Penting untuk menggunakan hashtag sehingga orang mudah mengenali saat Anda memposting produk atau layanan baru. Orang akan tahu bahwa hashtag tersebut adalah milik Anda.

Begitulah cara kerjanya. Apakah Anda siap untuk menceritakan kepada dunia tentang produk dan layanan Anda? Instagram pasti akan menjadi panduan sempurna untuk mempromosikan produk Anda.


3. Personal Branding Adalah Keharusan Untuk Berbisnis dengan Instagram

Hal pertama yang perlu Anda fokuskan adalah solusi yang bisa Anda berikan. Jangan terlalu terlibat dalam produk yang anda jual. Di Instagram, penting untuk memberi nilai tambah pada pelanggan Anda dan Anda harus terlibat selalu aktif. Anda tidak perlu mendorong orang untuk membeli produk Anda. Buat saja personal branding yang bagus dan pelanggan akan penasaran dengan produk Anda.

Jika bisnis Anda adalah jenis layanan, Anda harus fokus untuk menampilkan proses di balik penyediaan layanan dengan cara mengupload video untuk mendukung iklan Anda. Buatlah video dengan alur proses yang sangat jelas, sehingga orang-orang bisa mendapatkan inti pokok dari apa yang ingin Anda sampaikan. Sangat bagus jika Anda memasukkan beberapa jenis usaha dengan membuat video profesional yang menunjukkan misi layanan Anda.


4. Coba Instagram Stories Bila Anda Ingin Berbisnis dengan Instagram

 Instagram Stories adalah fitur dari Instagram untuk menampilkan tayangan slide 24 jam, sehingga Anda dapat memposting produk proses layanan untuk pelanggan secara real time. Hal ini penting untuk digunakan secara rutin sehingga produk dan layanan Anda akan tersebar di fitur “Jelajah”. Orang-orang, bahkan orang asing, akan melihat postingan Anda dalam Instagram stories ini dan mereka akan mengunjungi timeline Anda untuk melihat produk dan layanan Anda.

Stories ditampilkan dengan jelas di bagian atas timeline follower Anda, tepat di bawah logo Instagram dan Anda juga bisa memasang profil pribadi Anda dalam fitur ini.


5. Tingkatkan Bisnis Anda dengan Menggunakan Instagram

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda melalui media sosial agar bisa mendapatkan banyak pengikut, dan terlebih lagi, pelanggan, jika Anda adalah seorang penjual. Pemasaran digital bukanlah hal baru bagi kita dan Anda juga pasti akrab dengan branding digital. Anda bisa mulai meningkatkan bisnis Anda dengan menggunakan Instagram dan Anda juga bisa mempromosikan banyak hal dengan mudah.


6. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Instagram Bisnis

Untuk dapat meningkatkan kesadaran produk sekaligus mengembangkan komunitas Anda, Anda bisa mendongkrak bisnis Anda dengan menggunakan Instagram. Instagram sendiri telah menciptakan fitur baru dari akun bisnis sehingga Anda bisa menggunakannya dengan sempurna. Fitur seperti ini akan membuat posting produk dan layanan Anda bisa dijangkau di seluruh dunia dan orang akan dengan mudah melihat daftar produk Anda juga. Selain itu, Instagram memungkinkan Anda berbagi video singkat selain foto sehingga Anda bisa mendapatkan bisnis Anda di daftar. Sungguh menakjubkan, bukan?


7. Tautkan ke Saluran Media Sosial Lainnya

Hal pertama yang yang harus dilakukan: Mendaftar akun Instagram melalui email atau Facebook. Kemudian branding halaman Anda dengan memilih nama pengguna yang sesuai dengan bisnis Anda. Tambahkan foto produk atau logo perusahaan Anda, bio dan URL situs web Anda. Berikutnya yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin meningkatkan bisnis dengan menggunakan Instagram:  Sinkronisasi dengan media sosial lainnya adalah suatu keharusan dan Anda juga bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan melakukan ini.

Saat Anda mengintegrasikan Instagram dengan saluran media sosial Anda yang lain, Anda dapat dengan mudah berbagi konten di beberapa jejaring media sosial dan ini adalah adalah cara terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda. Follower Anda di Facebook, Twitter, dll, akan melihat bahwa Anda berada di Instagram dan mengikuti Anda juga! Anda tidak bisa mengalahkan kekuatan media sosial. Dengan hanya menambahkan beberapa saluran foto atau video yang Anda posting, Anda meningkatkan visibilitas produk dan jasa Anda serta berpeluang mendapatkan follower baru. Hal ini juga akan meningkatkan keterlibatan pelanggan lama Anda.


8. Bagikan Ragam Konten dan Ajak Selebgram Untuk Bergabung

Konten visual mendapat respon yang sangat baik di media sosial. Jika Anda benar-benar ingin membuat “ledakan” di Instagram, pilih beberapa konten yang beragam yang menggabungkan berbagai elemen bisnis Anda sehingga pelanggan Anda tidak akan bosan. Anda bisa menambahkan semacam trivia dan kuis juga untuk meningkatkan minat pelanggan Anda. Jika Anda memiliki lebih banyak keuntungan, Anda bisa meminta selebgram untuk bergabung dalam kampanye bisnis Anda sehingga bisnis Anda bukan hanya sekedar bisnis tapi juga sebagai personal branding.


9. Profil dan Akun Anda Adalah Kunci Kepercayaan

Jangan tertutup dan Anda harus selalu terbuka, gunakan identitas asli tentang keberadaan bisnis atau lokasi anda. Jelaskan apa yang ditawarkan bisnis Anda, untuk siapa bisnis Anda, bagaimana cara manghubungi bisnis Anda


10. Foto Anda Adalah Kail Pancing Untuk Menangkap Calon Pembeli.

Banyak pebisnis di Instagram yang gagal karena menampilkan foto produk yang kurang menarik. Foto terkesan dibuat seadanya. Bagaimana para calon pembeli tertarik.

Jika smartphone android anda memiliki kualitas kamera yang kurang, jangan memaksa untukntuk terus memposting foto produk dengan smartphone tersebut. Gunakan digital kamera.


11. Paid Endorse and Paid Promote

Para pebisnis Instagram yang sukses, adalah karena rajin melakukan paid endorse dan paid promote. Kesalahan fatal pebisnis Instagram yang gagal: pelit menghamburkan dana untuk promote dan endorse. Karena tidak melakukan paid endorse dan paid promote, banyak pebisnis Instagram yang gagal.


12. Buat acara kontes atau game

Buat kontes atau game berhadiah produk Anda. Beri syarat yang menguntungkan Bisnis Anda. Anda bisa minta mereka yang ingin hadiah produk Anda dengan merepost postingan Anda. Minta mereka untuk mention ke beberapa teman. Buat kontes semacam ini secara rutin. Ini akan menambah rasa penasaran orang-orang dan akhirnya menjadi follower setia Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.