Menjelajahi Dunia Digital

Cara Membersihkan HP Yang Benar

0 342

Terlalu mudah kehabisan ruang di ponsel atau tablet Android Anda, bahkan ketika Anda berpikir Anda sudah mulai dengan banyak ruang kosong. Aplikasi, foto, video, dan data misterius “Lain-lain” dapat meredam semua penyimpanan di perangkat Anda, mencegah Anda menginstal lebih banyak aplikasi atau mengambil lebih banyak gambar.

Apasih yang Mengambil Seluruh Ruang Anda?

Jika suatu hari Anda terbangun dan mendapati ponsel mengeluh bahwa Anda kehabisan ruang dan tidak tahu mengapa, Anda tidak sendirian. (Jika itu membuat Anda merasa lebih baik, itu terjadi pada pengguna iPhone juga.)

Seiring waktu, ruang hard drive perlahan tapi pasti dimakan bukan hanya oleh aplikasi yang Anda instal (dan mungkin lupa tentang), tetapi oleh data cache mereka aplikasi simpan di ponsel Anda. Untuk melihat bagaimana penyimpanan Anda digunakan, buka Pengaturan lalu Penyimpanan di perangkat Anda. Dari sana, Anda akan dapat melihat berapa banyak ruang yang tersisa di penyimpanan internal internal Anda.

Gimanasih cara membersihkan hp yang benar? Inilah caranya.

Bersihkan Data Cache Aplikasi

Cara tercepat dan termudah untuk membersihkan beberapa ruang adalah dengan menghapus semua data cache aplikasi Anda. Sebelum Android 4.2, Anda harus melalui setiap aplikasi satu per satu untuk menghapus data yang di-cache, tetapi sekarang Anda dapat menghapus data yang di-cache untuk semua aplikasi hanya dengan masuk ke Pengaturan, mengetuk Data yang di-cache, dan mengetuk OK.

Ini akan menghapus preferensi dan riwayat tersimpan seperti tempat yang baru-baru ini Anda cari di aplikasi Google Maps, tetapi itu tidak hanya dapat mengosongkan ruang, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja aplikasi Anda.

Hapus Foto dan Video

Foto dan video cenderung memakan sebagian besar ruang total di ponsel dan tablet kami, karena ukuran file media yang besar ini. (Di ponsel saya, gambar dan video memakan sekitar 45% dari total ruang penyimpanan.)

Karena itu, masuk akal untuk menangani file-file besar ini juga. Jika Anda mencadangkan foto Anda di Dropbox, Google+, atau layanan cloud lainnya secara otomatis, Anda dapat menghapusnya dari perangkat Anda.

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD Anda

Banyak, tetapi tidak semua, perangkat Android juga memiliki kartu micro SD yang dapat dilepas untuk memperluas ponsel Android Anda atau ruang penyimpanan tablet. Beberapa aplikasi dapat dipindahkan ke atau diinstal pada kartu SD Anda, bukan pada penyimpanan internal Anda. Buka Pengaturan> Aplikasi dan pilih aplikasi untuk pindah ke kartu SD. Cari tombol Move to SD Card.

Jika Anda tidak melihatnya, perangkat Anda atau aplikasi itu mungkin tidak mendukung opsi ini sama sekali. ITworld memiliki beberapa metode canggih untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, yang mungkin atau mungkin tidak bekerja untuk Anda dan sedikit lebih teknis jadi lanjutkan dengan risiko Anda sendiri.

Hapus Beberapa Aplikasi

Kemungkinan Anda telah menginstal aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Ini hanya menghabiskan ruang yang tidak perlu, jadi buka Pengaturan> Aplikasi dan buka daftar Anda untuk melihat mana yang dapat Anda hapus (Anda dapat mengurutkan daftar berdasarkan ukuran dari menu atas).

Utilitas seperti Clean Master juga dapat membantu Anda dengan cepat membersihkan sampah di ponsel atau tablet Anda, tetapi karena mereka berjalan di latar belakang, ponsel Anda juga dapat menerima pukulan kinerja.

Tidak perlu banyak membersihkan ponsel atau tablet Anda, dan menyediakan ruang untuk barang-barang yang lebih penting yang perlu Anda simpan di sana.

Baca juga Cara Optimalisasi Komputer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.