Menjelajahi Dunia Digital

Bisakah Handphone Mendapatkan Virus?

0 721

Jika Anda hanya mengunduh aplikasi dari toko resmi untuk sistem operasi ponsel Anda dan berhati-hati dengan file yang Anda buka (biasanya melalui email), ada kemungkinan ponsel Anda tidak memiliki virus. Namun, virus dan penyakit lain dapat memengaruhi smarthphone dan tablet, jadi mari kita lihat perangkat Anda dan lihat apakah kami dapat mengetahuinya.


Bisakah HP Mendapatkan Virus?

Ya, seperti halnya komputer, dengan kode yang dikirim melalui aplikasi, email, atau bahkan pesan teks. Secara teknis, kode komputer didefinisikan sebagai virus ketika kode itu menggandakan diri setelah perangkat terinfeksi dan kemudian menghancurkan data atau mencoba mengirim dirinya ke perangkat lain. Jadi, walaupun smartphone dapat terkena virus, mereka lebih jarang daripada masalah lainnya.


Bagaimana HP Saya Dapat Virus?

Cara paling umum ponsel mendapatkan virus dan masalah lain adalah melalui aplikasi, lampiran melalui email, pesan teks, dan bahkan situs web jahat.

Jenis Virus apa yang didapat ponsel?

Pada akhirnya, tidak masalah apa pun jenis virus yang dimiliki ponsel Anda, karena, apa pun jenisnya, itu perlu ditangani. Tapi, itu kemungkinan salah satu yang tercantum di sini. Selain membatasi fungsionalitas ponsel Anda, virus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius dalam hidup Anda dengan menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi, atau membuat (atau berusaha melakukan) pembelian yang tidak sah.

  • Adware – Membuat iklan dengan tautan ke halaman web atau aplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan
  • Malware – Mengambil alih fungsi telepon tertentu untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau melakukan tindakan bermasalah lainnya
  • Ransomware – Mengunci file atau aplikasi, lalu meminta uang dari pengguna dengan imbalan membuka kuncinya
  • Spyware – Memantau aktivitas telepon pengguna untuk tujuan jahat
  • Trojan Horse – Menyambungkan dirinya sendiri ke aplikasi yang sah, kemudian mengganggu operasi telepon

Bagaimana Saya Tahu Jika HP Saya Memiliki Virus?

Berikut adalah beberapa tanda yang harus dicari:

  • Anda memiliki aplikasi di ponsel yang tidak Anda unduh. Periksa daftar aplikasi Anda untuk melihat apakah ada yang tidak Anda kenal.
    Ponsel Anda mogok secara teratur. Jika itu terjadi sekali dan tidak ada gejala lain, virus mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi jika itu mulai sering terjadi, kemungkinan virus adalah penyebabnya.
  • Baterai Anda terkuras lebih cepat dari biasanya. Jika Anda menggunakan telepon seperti biasanya, tetapi Anda kehabisan jus lebih cepat, itu pertanda lain.
  • Anda mendapatkan lebih banyak iklan pop-up dari biasanya. Virus dapat menyebabkan iklan pop-up menjadi lebih umum dan menjengkelkan.
  • Penggunaan data meningkat tanpa penjelasan logis. Jika tagihan seluler Anda menunjukkan lebih banyak penggunaan data daripada biasanya, dan Anda menggunakan ponsel seperti biasanya, virus kemungkinan menjadi penyebabnya.
  • Anda mendapatkan biaya SMS tambahan pada tagihan Anda. Beberapa malware mengirim pesan teks ke nomor premium, menaikkan biaya Anda.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Virus Telepon?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ponsel Anda terkena virus.

Tetap update. Unduh dan pasang aplikasi antivirus yang memiliki reputasi baik untuk ponsel Anda. Selain itu, selalu menyetujui pembaruan sistem operasi.

Unduh dan gunakan aplikasi ini (Antivirus) sebelum Anda merasa membutuhkannya. Selain mendeteksi virus, mereka dapat melindungi ponsel Anda dari awal.

  • Gunakan hanya aplikasi yang disetujui (Approved Apps). Pastikan untuk hanya mengunduh aplikasi yang disetujui dari Google Play untuk perangkat Android, App Store untuk perangkat iOS, atau Microsoft Store untuk perangkat berbasis Windows. Meski begitu, berhati-hatilah. Untuk memastikan Anda mendapatkan aplikasi yang berkualitas, baca ulasannya, periksa situs web pengembang, dan cari tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda mungkin mendapatkan lebih dari yang Anda harapkan.
  • Belajar memahami E-mail. Gunakan kebersihan email yang sama yang Anda gunakan saat melihat pesan di komputer Anda. Berhati-hatilah dengan lampiran, dan hanya buka yang dari sumber tepercaya. Gunakan tingkat kehati-hatian yang sama dengan tautan yang tertanam dalam pesan. Akhirnya, waspadai pesan yang sepertinya berasal dari perusahaan tempat Anda berbisnis. Banyak scammer mengirim email palsu, yang sering menampilkan tanda-tanda tanda-tanda alamat email yang sedikit tidak lengkap, tata bahasa yang buruk, dan meminta Anda untuk “memperbarui informasi kartu kredit Anda” atau skema phising lainnya. Sayangnya, pesan-pesan ini juga sering menyertakan logo yang tampak sah dari perusahaan yang ditiru oleh scammer.
  • Pantau teks. Pertahankan tingkat skeptisisme yang sama terkait pesan teks dan media sosial, serta iklan.
  • Percaya instingmu. Jika ada sesuatu yang “tidak aktif” tentang aktivitas apa pun yang Anda lakukan di ponsel Anda, mundur selangkah dan tanyakan pada diri Anda apakah prosesnya bernilai kehilangan fungsionalitas ponsel Anda atau beberapa data yang dimilikinya.

Sepatah Kata Tentang Virus di iOS

Klaim “iPhone tidak bisa mendapatkan virus!” tidak sepenuhnya benar. Perangkat iOS apa pun adalah komputer dan komputer mana pun dapat terkena virus.

Namun, jika Anda belum men-jailbreak perangkat iOS Anda, kemungkinan Anda memiliki virus rendah. Jika Anda mencari di App Store, Anda tidak akan menemukan aplikasi dengan judul Anti-Virus (selain satu atau dua game). IOS Apple dirancang sedemikian rupa sehingga App A tidak dapat mengganggu ruang di mana App B bekerja. Itu berlaku untuk seluruh sistem operasi, sehingga aplikasi tidak dapat mencari virus di perangkat iOS Anda karena aplikasi tidak dapat menjangkau setiap ruang.

Namun, dimungkinkan untuk mengunduh aplikasi dari App Store yang melakukan lebih dari yang diklaimnya. Perhatikan hak istimewa setiap permintaan aplikasi. Misalnya, sebagian besar permainan tidak membutuhkan akses ke foto, kamera, atau mikrofon Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.