Menjelajahi Dunia Digital

Bagaimana Game dan Aplikasi Free-to-Play Bekerja?

0 749

Aplikasi freemium atau free-to-play adalah unduhan gratis yang menggunakan pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) untuk menghasilkan pendapatan daripada membebankan biaya tetap untuk aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi freemium hanyalah aplikasi yang didukung iklan yang menawarkan pembelian dalam aplikasi untuk menonaktifkan iklan, sementara aplikasi dan game lain menggunakan sistem pendapatan yang lebih rumit dengan memanfaatkan pembelian dalam aplikasi. Model freemium telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir, terutama pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet dan game PC yang terhubung ke Internet, terutama game massively multipalyer online (MMO) seperti Everquest 2 dan Star Wars: The Old Republic, yang memiliki keduanya beralih ke model freemium.

Freemium adalah kombinasi dari kata “gratis” dan “premium”.


Bagaimana cara kerja Freemium?

Free-to-play telah menjadi model pendapatan yang sangat sukses. Aplikasi freemium dasar memberikan fungsionalitas intinya secara gratis dan menawarkan peningkatan untuk menambahkan fitur-fitur tertentu. Dalam bentuknya yang paling sederhana, ini seperti menggabungkan versi “lite” dari aplikasi dengan versi premium, dengan fitur premium yang tersedia dengan harga tertentu.

Gagasan di balik model freemium adalah bahwa aplikasi gratis akan diunduh lebih dari aplikasi berbayar. Dan sementara banyak pengguna akan terus menggunakan aplikasi ini secara gratis, jumlah keseluruhan pembelian dalam aplikasi akan melebihi apa yang bisa dilakukan dengan mempertahankan premi aplikasi.


Yang Terbaik dari Free-to-Play

Yang terbaik, permainan gratis untuk bermain menawarkan permainan lengkap secara gratis dan fokus pada perubahan kosmetik di toko. Sebuah contoh yang bagus dari model ini di tempat kerja adalah Temple Run, sebuah permainan populer yang memulai kegilaan ‘pelari tak berujung’. Toko online Temple Run memungkinkan Anda untuk membeli perubahan kosmetik pada game atau mengambil jalan pintas untuk mendapatkan perangkat tambahan tertentu, tetapi semua fitur game dapat dibuka tanpa menghabiskan uang. Pemain juga tidak dipaksa untuk membayar barang apa pun untuk memperpanjang waktu permainan harian mereka, yang berarti Anda dapat memainkan permainan sebanyak yang Anda inginkan.

Pembelian dalam aplikasi juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan konten baru ke game. Dalam Multiplayer Online Battle Games (MOBA), game inti sering kali gratis sementara karakter yang berbeda dapat dibeli baik melalui sistem mata uang dalam game yang pemain perlahan dapatkan atau pembelian dalam aplikasi. Ini memungkinkan game premium menjadi gratis untuk dicoba. Pembelian dalam aplikasi juga dapat memicu ekspansi yang lebih besar seperti peta baru, petualangan, dll.


Yang terburuk dari Free-to-Play

Ada banyak contoh freemium yang dilakukan dengan buruk, dengan sejumlah perebutan uang mengarah ke deskripsi seperti “bayar untuk menang”, yang mengacu pada pemain yang membelanjakan uang menjadi lebih kuat jauh lebih cepat daripada pemain lain, dan “bayar untuk bermain”, yang mengacu pada game menggunakan beberapa bentuk batasan waktu yang hanya dapat dikurangi dengan membeli barang di toko. Sayangnya, seluruh genre game dibangun dengan model pay to play.


Apakah Freemium Merusak Keseruan Game?

Banyak gamer menjadi frustrasi dengan model free-to-play. Seringkali seperti permainan yang mencoba membuat pemain nikel dan receh mati. Contoh terburuk adalah ketika seri game yang bagus seperti seri Dungeon Hunter berubah menjadi free-to-play dan mengimplementasikan sisi terburuknya. Gim yang buruk bisa diabaikan, tetapi seri gim yang bagus menjadi buruk membuat frustrasi.

Tapi mungkin aspek terburuk dari kebangkitan free-to-play adalah bagaimana ia mengubah basis pemain. Sebanyak yang diinginkan pemain untuk permainan yang bisa mereka bayar dan tidak perlu khawatir membayar lagi, gamer secara keseluruhan telah terbiasa mengunduh permainan secara gratis. Ini membuatnya lebih sulit untuk meyakinkan orang untuk membayar harga awal untuk unduhan itu dan mendorong beberapa pengembang ke arah model free-to-play.


Apakah Free-to-Play Sebenarnya Bagus untuk Bermain Game?

Percaya atau tidak, ada beberapa aspek yang baik untuk peningkatan pembelian dalam aplikasi. Jelas, kemampuan mengunduh dan memeriksa game gratis itu bagus. Dan ketika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan konten “premium” dengan bekerja melalui game dan membangun mata uang dalam game.

Tetapi aspek terbaik dari model ini adalah penekanan pada umur panjang. Gim populer sudah memiliki basis penggemar dan jauh lebih mudah untuk menyimpannya dalam gim yang sama daripada meyakinkan mereka untuk pindah ke sekuel. Penekanan pada umur panjang ini mengarah ke lebih banyak konten baik melalui pembelian dalam aplikasi dan pembaruan gratis untuk menjaga permainan tetap segar bagi mereka yang bermain. Ini secara langsung kebalikan dari game hanya lima belas tahun yang lalu ketika sebuah game mungkin mendapatkan beberapa tambalan tetapi bug yang tersisa setelah itu dibiarkan ada untuk selamanya.

Baca juga cara masang game di komputer anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.