pub-4562102768574069
Menjelajahi Dunia Digital

Cara Meningkatkan Baterai Laptop Anda

0 4.645

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi telah mencapai tingkat kemajuan baru dan memainkan peran penting dalam mengatur cara kerja masyarakat. Orang-orang yang terdiri dari spektrum yang luas dari kelompok usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terpapar berbagai bentuk teknologi dan gadget seperti komputer, telepon, laptop, televisi dan konsol video game.

Penggunaan teknologi, terutama kebutuhan desktop dan laptop, melekat pada bidang profesional modern dan merupakan pemandangan umum di ruang kantor. Tujuan utama teknologi adalah menyederhanakan tugas yang ada; karenanya, membeli laptop untuk bekerja atau sekolah akan terbukti bermanfaat. Dalam hal pembelajaran, hampir setiap siswa terlihat mengerjakan laptop mereka karena memungkinkan Anda mencatat dan meneliti.

Dalam lingkungan kerja profesional yang membutuhkan banyak perjalanan, laptop memungkinkan seseorang untuk tetap terhubung dengan rekan kerjanya melalui email. Ini juga merupakan layanan ketika datang untuk mempersiapkan presentasi dan laporan.

Fungsi laptop mirip dengan desktop meskipun jauh lebih nyaman mengingat ukuran dan sifat portabel sebuah laptop. Fitur yang paling menguntungkan adalah portabilitasnya karena memungkinkan seseorang menyelesaikan pekerjaan yang tertunda saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun, karena beberapa keterbatasan teknis seperti prosesor yang lambat dan masalah manajemen daya, ini menghasilkan daya tahan baterai yang cukup cepat habis.

 

Ini agak menyebalkan ketika laptop Anda tidak berfungsi, terutama ketika Anda menghadapi tenggat waktu atau ketika Anda perlu mengirim surat penting. Ini berfungsi sebagai penghalang bagi orang-orang yang bekerja di perjalanan karena kemungkinan menemukan outlet sumber daya di mana-mana sangat minim. Ketika laptop pribadi Anda menggunakan banyak penggunaan, kinerjanya merosot sejak waktu pembeliannya menyebabkan baterai mati dengan cepat.

Gimana Caranya?

Namun, ada beberapa lifehacks yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari baterai laptop Anda. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Kurangi kecerahan layar – Mengurangi kecerahan layar Anda adalah cara efektif untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda. Kecerahan layar tampilan adalah salah satu faktor utama dari daya drainase. Pada laptop modern apa pun, Anda dapat mengurangi kecerahan tampilan Anda dengan menekan tombol kecerahan sambil menahan tombol Fn. Dengan mengurangi kecerahan layar Anda, Anda dapat memperpanjang usia baterai laptop Anda sekitar 30 menit.
  • Ubah pengaturan daya Anda – Dengan mengunjungi tab panel kontrol, Anda dapat memantau jumlah daya yang dikonsumsi dengan mengubah paket penghemat daya. Secara default, biasanya diatur dalam pengaturan opsi ‘seimbang’. Namun, mungkin ada opsi penghemat baterai lain yang tersedia di pengaturan. Biasanya diaktifkan secara otomatis saat masa pakai baterai laptop Window turun hingga 20 persen, tetapi pengguna dapat memilih untuk mengaktifkannya secara manual kapan saja. Jika pengguna memilih opsi penghemat baterai, pengaturannya akan menurunkan kecerahan layar dan membatasi aktivitas latar belakang untuk mendapatkan masa pakai baterai yang lebih lama. Anda dapat memilih opsi penghemat baterai dengan mengklik ikon baterai di bagian notifikasi layar, kemudian Anda dapat melanjutkan untuk menyeret pengukur ke kiri untuk memastikan jumlah optimal daya tahan baterai yang dapat dihasilkan laptop.
  • Periksa aplikasi mana yang menghabiskan paling banyak daya dan masa pakai baterai – Peretasan lain yang akan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit daya adalah membunuh aplikasi apa pun yang menggunakan banyak daya. Peretasan ini berlaku untuk semua perangkat elektronik seperti ponsel dan tablet. Akan sangat membantu untuk mematikan aplikasi yang haus daya saat masa pakai baterai rendah. Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya, klik ikon baterai dan kemudian lanjutkan ke pengaturan Daya dan Tidur.
  • Tahan dari koneksi ke Wi-Fi dan jauhkan Bluetooth Anda saat tidak diperlukan – Tidak selalu harus terhubung ke koneksi Wi-Fi atau tetap mengaktifkan pengaturan Bluetooth. Dianjurkan untuk menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth Anda ketika Anda tidak menggunakannya karena mengkonsumsi volume baterai yang tinggi.
  • Jangan biarkan laptop mengisi daya dalam semalam – Meskipun baterai yang digunakan laptop tidak dapat ditagih berlebihan, disarankan untuk tidak mengisi daya laptop Anda semalaman karena mengurangi kinerja baterai laptop dari waktu ke waktu. Ini bermanfaat jika baterai tidak terisi penuh karena mengurangi kemungkinan degradasi baterai. Setelah laptop Anda diisi hingga 100 persen, cabutlah dari sumber utama untuk menghindari kerusakan pada baterai Anda.
  • Berinvestasi dalam monitor baterai – Monitor baterai memberikan data yang akurat mengenai jumlah masa pakai baterai serta biaya dan siklus. Ini membantu karena memungkinkan Anda mengetahui berapa lama lagi laptop Anda dapat bertahan, yang memungkinkan Anda untuk lebih siap.
  • Jaga laptop Anda tetap dingin – Menggunakan laptop Anda untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas. Overheating prosesor dapat menyebabkan masa pakai baterai berkurang. Sangat penting untuk menghindari pembatasan aliran udara. Dianjurkan untuk menggunakan laptop Anda pada permukaan yang terangkat untuk memastikan sirkulasi udara yang dipancarkan oleh kipas di dalam CPU Anda
  • Pilih opsi untuk hibernate kesiangan – Ketika laptop Anda dibiarkan tetap tanpa aktivitas apa pun yang terjadi, hasilnya laptop masuk ke mode tidur yang mengkonsumsi daya minimal dan memungkinkan pengguna untuk melanjutkan tugasnya di mana mereka tinggalkan. Namun, dalam hal hibernasi, sistem benar-benar ditutup untuk rentang waktu sesaat untuk memastikan tidak ada penggunaan daya. Memilih mode hibernasi daripada tidur memungkinkan Anda menghemat lebih banyak daya baterai.

Ini adalah beberapa tips dan trik untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda dan memastikan penggunaan secara maksimal. Jadikan mereka kebiasaan Anda dan terapkan dalam gaya hidup harian Anda. Menggunakan trik pengoptimalan baterai laptop ini, Anda tidak hanya dapat menjaga baterai laptop Anda bertahan lebih lama tetapi juga memperpanjang masa pakainya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.